Daftar Istilah Dalam Dunia Komputer Dan Website

Daftar Istilah Dalam Dunia Komputer Dan Website



x86
Nama umum dari arsitektur microprocessor yang pertama kali di kembangkan dan di produksi oleh intel. Arsiktetur x86 saat ini mendominasi komputer desktop, notebook dan server sederhana. Arsitektur ini dinamakan x86 di karenakan processor-processor awal dari keluarga arsitektur ini memiliki nomor model yang di akhiri dengan urutan 86 (81186, 82186, 386, dan 486). Karena nomor tidak bisa di patenkan intel dan manufaktur pesaingnya mulai menggunakan nama yg bisa di patenkan, misalnya Pentium untuk generasi selanjutnya dari arsitektur ini.

Chipset
Potongan kecil silicon yang digunakan untuk menyimpan informasi dan instruksi komputer. Setiap komponen komputer memiliki paling tidak sebuah chip di dalamnya. Chipset pada motherboard berfungsi untuk mengontrol input dan output yang mendasar dari komputer. Chipset pada video card (VGA) berfungsi untuk mengontrol rendering dari grafik 3D dan output dari gambar pada monitor Anda.

DRAM
Dynamic Random Access Memory adalah tipe komponen memori yang biasanya digunakan untuk menyimpan data atau informasi pada PC (Personal Computer). Disebut dynamic karena untuk tetap menyimpan data, DRAM membutuhkan secara terus menerus sebuah sinyal refresh, berupa gelombang arus listrik.

Core Clock
Kecepatan GPU dalam sebuah video card atau biasa di sebut VGA. Core clock bisa berbeda-beda meski menggunakan GPU yang sama. Hal ini disebabkan karena pembuat video card (VGA) diberikan kebebasan untuk core clocknya sendiri agar berbeda dengan produsen video card lain.

Hyperthreading
Teknologi dari intel yang awalnya hadir pada jajaran processor Pentium 4 yang memungkinkan satu processor single core dikenali oleh sistem operasi memiliki dua pemroses (core).

HyperTransport
Teknologi interface bus yang di gunakan pd sistem board dengan dimensi tidak lebih dari 24 inci. Teknologi ini di maksudkan untuk menghadirkan tingkat kecepatan transfer data lebih tinggi dari sebelumnya, dan latency yang rendah.

Latency
Waktu tunda (delay) yang dibutuhkan untuk mendapatkan data di memory, dimulai saat CPU request hingga CPU retrieve.

GUI
Graphic User Interface, nama generic utk semua interface komputer yang menggunakan grafis, windows (jendela), atau alat penunjuk (pointing device). GUI di perkenalkan pertama kali olh Xerox dan pertama kali di gunakan pada komputer yang menggunakan sistem operasi Mac.

Cache
Adlh memory yang berfungsi untuk menempatkan data program maupun informasi yang paling sering digunakan agar dengan cepat dapat di akses kembali.

Heatpipe
Salah satu jenis komponen pendingin yang digunakan di komputer yang berbentuk pipa logam. Ujung yang satu berfungsi sebagai penyerap panas kemudian mengalirkannya ke ujung lain untuk di dinginkan. Pada sisi pendingin biasanya di pasang sirip-sirip alumunium tipis guna mengoptimalkan proses pendingin tersebut.

SLI
Scalable Link Interface adalah teknik menggabungkan 2 buah video card dari nVidia dalam satu motherboard guna mendapatkan peningkatan performa sebanding dengan jumlah performa kedua video card yang di gunakan.

Bottleneck
Peristiwa delay pada transmisi data yang melalui sebuah channel tertentu. Delay tersebut terjadi karena bandwidth yang di miliki tidak dapat menampung jumlah informasi yang lewat saat sedang diproses.

Buffer
Area pada media penyimpanan yang berfungsi menampung data secara sementara hingga di pakai untuk pemrosesan. Buffer juga dapat di pakai untuk membantu komunikasi antar dua perangkat yang memiliki kecepatan pemrosesan yang berbeda.

CRC
Cylic Redudancy Check adalah proses pemeriksaan transmisi dengan orientasi bit. Sebuah blok pesan akan dianggap sebagai sederet bit yang dikirim. Bit-bit tersebut dimasukkan dalam generator CRC dan kemudian melakukan operasi matematis. Hasil perhitungan saat bit dikirim dan diterima akan menentukan ada tidaknya kesalahan dalam pengiriman.

API
Kepanjangan dari Application Program Interface. API merupakan interface yang digunakan oleh aplikasi-aplikasi tiga dimensi (3D), contohnya : game 3D atau aplikasi lain yang memberikan tampilan 3D. ada 2 macam API yang sering digunakan saat ini yaitu OpenGL dan DirectX.

CUDA
Compute Unified Device Architecture adalah teknologi GPGPU dari nVidia yg memungkinkan programmer bahasa pemrogaman C dalam membuat algoritma yang dapat di eksekusi oleh GPU. CUDA dikembangkan oleh nVidia, untuk dapat menggunakan arsitektur ini diperlukan GPU nVidia Driver Stream Processing khusus. CUDA hanya dapat bekerja pada seri GPU Gforce 8.

MTBF
Mean Time Between Failure, merupakan ukuran waktu rata-rata dari sebuah produk hingga mengalami kerusakan. Hal itu ditentukan berdasarkan statistik pengujian operasional sebelum di pasarkan. MTBF biasanya di ukur dalam satuan jam.

Crash
Kondisi ketika sebuah program bisa berupa aplikasi ataupun sistem operasi berhenti bekerja sebagaimana mestinya. Secara sederhana program yang mengalami crash akan tampak diam (not responding). Jika program yang mengalami crash adlh bagian penting dari kernel system operasi maka keseluruhan komputer akan ikut crash.

Platter
Adalah media disk berbahan logam yang ada di dalam harddisk. Permukaannya di lapisi materi yang bersifat magnetik yang berfungsi untuk merekam data.

Path
Merupakan sebuah alamat yang merujuk pada lokasi sebuah file yang terdapat di dalam komputer. Semakin dlm lokasi file tersebut berada, semakin panjang path yang di tampilkan.

Defragment
Proses pengumpulan potongan-potongan file atau folder yang tersebar dalam suatu media (harddisk, flashdisk) agar lebih teratur serta menimalisir jarak potongan data antarsegment. Hasil yang di harapkan dari proses ini adalah kecepatan dalam memproses membaca sebuah file, karena pointer tidak harus meloncat secara acak untuk membaca potongan-potongan data yang terletak pada banyaknya segment.

Context Menu
Menu khusus yang muncul ketika user mengklik kanan mouse pada suatu objek (icon, file, folder). Setiap objek dimungkinkan untuk memiliki context menu yang berbeda. Context Menu sering juga disebut sebagai popup menu.

Pop-up
Suatu objek yang muncul tiba-tiba di layar monitor. Objeknya sendiri dapat berupa window, menu dan sebagainya. Pop-up paling sering di jumpai dalam bentuk peringatan untuk proses reboot setelah windows menyelesaikan proses update dan pop-up message saat server jaringan mengirim pesan melalui perintah net send kepada user lain.

Aspect Ratio
Perbandingan antara tinggi dan lebar gambar yang muncul di monitor atau TV. Aspect ratio yang di gunakan pd TV biasa atau monitor adalah 4:3, sedangkan aspect ratio yang digunakan pd HDTV adalah 16:9 (widescreen).

Refresh Rate
Pengukuran banyaknya refresh yang di lakukan monitor dalam waktu satu detik dengan satuan Hertz. Jika terlalu rendah bisa menyebabkan kedipan (flicker) pada layar monitor. Contoh, refresh rate 60 Hz, artinya gambar akan di refresh sebanyak 60 kali dalam satu detik.

Jagged
Atau biasa di sebut jaggies dikenal juga dengan nama pixelization atau aliasing. Istilah dalam gambar 3D, dimana garis lurus akan terlihat seperti anak tangga atau gerigi.

OEM
Original Equipment Manufacture adalah sebuah perusahaan yang membuat produk atau komponen atas dasar pesanan perusahaan manufaktur lain. Pesanan tersebut biasanya khusus untuk di integrasikan dengan produk lain berdasar rancangan dan spesifikasi yang di minta oleh perusahaan pemesan yang biasa di sebut VAR (Value Added Reseller).

Bandwidth
Adalah lebar frekuensi antara batas teratas dan terbawah dari sebuah grekuensi gelombang transmisi. Dalam internet, bandwidth biasanya dihitung berdasarkan jumlah bit data yang dapat dibawa dalam satuan detik.

FTP
File Transfer Protocol, protokol internet yang merupakan standar untuk proses transfer file komputer anatara mesin-mesin yang menjalankan sistem yang sangat berbeda. FTP merupakan layanan yang paling banyak di gunakan pengguna internet untuk mendownload file digital seperti games, foto, video, musik dan lain-lain.

ActiveX
Teknologi atau komponen yang digunakan untuk fungsi-fungsi khusus seperti animasi, menu pulldown (pop-up menu) di halaman web, aplikasi, maupun tools dari software development. Lisensi teknologi ini berada di bawah standar organisasi the open group sehingga bisa di gunakan di berbagai macam platform.

IIS
Internet Information Server adalah sebuah web server yang tersedia secara otomatis pada saat instalasi windows server. IIS menginstal dirinya sendiri di partisi primer secara otomatis. Dapat menyebabkan pengguna internet lain dapat mengakses partisi sistem setiap kali mereka melihat suatu halaman web atau menggunakan FTP utk download file.

0 Comments
Tweets
Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar Sesuai dengan Postingan di Atas. Jangan Out Of Topic.

Kode Warna