Inilah Dokumen Resmi Kompetensi Dasar SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA Kurikulum 2013

Inilah Dokumen Resmi Kompetensi Dasar SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA Kurikulum 2013 (Silabus Lengkap Semua Mata Pelajaran)


PILKOM, - Jelang implementasi Kurikulum 2013 yang akan dimulai pada pertengahan Juli 2013 mendatang, Balitbang Kemdikbud telah merampungkan Dokumen Resmi Kompetensi Dasar untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA yang merupakan salah satu perangkat kelengkapan Dokumen Kurikulum 2013.


Selain berisi mengenai deskripsi Kompetensi Dasar, dokumen ini berisi pula mengenai Kompetensi Inti dan Struktur Kurikulum pada masing-masing jenjang sekolah.  


Dalam dokumen ini pun termuat berbagai tema yang terintegrasikan dari Kompetensi Dasar berbagai mata pelajaran.


Dalam Kurikulum 2013, Kompetensi Dasar dikembangkan dari Kompetensi Inti, sedangkan pengembangan Kompetensi Inti mengacu pada Struktur Kurikulum.


Kompetensi Inti merupakan kompetensi yang mengikat berbagai Kompetensi Dasar ke dalam aspek kepribadian, sikap, ketrampilan dan pengetahuan yang harus dipelajari oleh peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran.


Kompetensi Inti harus dimiliki peserta didik untuk setiap kelas melalui pembelajaran Kompetensi Dasar yang diorganisasikan dalam pembelajaran tematik integratif dengan pendekatan pembelajaran siswa aktif. Sementara itu, Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas.


Dengan demikian, secara praktis, maka dapat pula dikatakan bahwa sebenarnya Dokumen ini merupakan silabus dari mata pelajaran untuk setiap jenjang sekolah dan jenjang kelas.


Selengkapnya, mengenai Dokumen Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 pada masing-masing jenjang sekolah dapat diunduh (dowload) dengan cara meng-klik pada tautan berikut ini.



4. Dokumen Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 untuk SMK (BELUM TERSEDIA, JIKA SUDAH ADA AKAN DIPUBLISH MENYUSUL).
Demikian, semoga dokumen ini bisa bermanfaat bagi guru, pemerhati pendidikan dan anggota masyarakat pada umumnya menjelang implementasi Kurikulum 2013
0 Comments
Tweets
Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar Sesuai dengan Postingan di Atas. Jangan Out Of Topic.

Kode Warna